228 Petugas Pantarlih 8 Desa Resmi Dilantik Oleh PPK Kecamatan Parungkuda

Redaksi
Senin, 24 Juni 2024 | 15:30 WIB Last Updated 2024-06-25T03:03:55Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Sebanyak 228 Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) dari delapan desa di Kecamatan Parungkuda resmi dilantik oleh Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Parungkuda, Sahru Ramadan. Pelantikan berlangsung pada Senin (24/6/2024) di Aula Desa Sundawenang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

"Pentingnya peran Pantarlih dalam pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. "Hari ini ada 228 Pantarlih yang dilantik dan terbagi di 114 TPS di delapan desa, dengan komposisi dua orang Pantarlih per TPS," ujar Sahrul Ramadan Ketua PPK Kecamatan Parungkuda, kepada terbit.id.

Lebih lanjut, Sahrul menjelaskan bahwa fungsi dan tugas Pantarlih sangat vital dalam keberhasilan pemilihan kepala daerah (Pemilukada). "Pantarlih merupakan ujung tombak KPU dalam melakukan pemutakhiran dan pendaftaran pemilih. Data pemilih yang akurat adalah bagian terpenting dalam keberhasilan Pemilukada," tambahnya.

Pentingnya Pemutakhiran Data Pemilih
Sahrul menegaskan bahwa dalam proses pemutakhiran dan pendataan data pemilih, Pantarlih memiliki tugas penting untuk melayani hak konstitusional warga negara dalam menggunakan hak pilihnya. "Pekerjaan yang sangat penting ini harus dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab," tegas Sahrul.

Untuk memastikan keakuratan data, Pantarlih diwajibkan turun langsung ke lapangan dalam proses pencocokan data serta bekerja dengan teliti. Mereka juga harus mampu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait, seperti RT/RW dan Panitia Pemungutan Suara (PPS).

"Saya berharap seluruh Pantarlih yang telah dilantik dapat melaksanakan tugasnya dengan baik, sehingga data pemilih yang diperoleh benar-benar akurat dan terpercaya," kata Sahrul di akhir sambutannya.

Dukungan dari Masyarakat
Pelantikan ini mendapatkan respon positif dari masyarakat setempat. Ketua RW 03 Desa Sundawenang, Bapak Yanto, menyatakan dukungannya terhadap para Pantarlih yang baru dilantik. "Kami siap membantu Pantarlih dalam melakukan pemutakhiran data pemilih di wilayah kami. Kerja sama yang baik antara Pantarlih dan masyarakat sangat diperlukan agar pemilukada berjalan lancar dan sukses," ujarnya.

Pelantikan Pantarlih ini merupakan langkah awal yang krusial dalam rangkaian proses pemilukada di Kabupaten Sukabumi. Dengan kesiapan dan komitmen para Pantarlih, diharapkan Pemilukada mendatang dapat berlangsung dengan tertib dan menghasilkan data pemilih yang valid.




Editor : R.Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 228 Petugas Pantarlih 8 Desa Resmi Dilantik Oleh PPK Kecamatan Parungkuda

Trending Now

Iklan