Tebing 15 Meter Longsor di Sukabumi, Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsoran

Redaksi
Rabu, 12 Juni 2024 | 06:44 WIB Last Updated 2024-06-12T01:38:15Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Hujan deras yang mengguyur daerah Sukabumi mengakibatkan tebing setinggi 15 meter longsor dan menimpa rumah di Perumahan Bumi Pakuwon Regency (BPR) Blok DH 10 no 4, Kampung Pakuhaji, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Selasa (11/6/2024) sekitar pukul 18.30 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun dari terbit.id, rumah tersebut dihuni oleh lima orang anggota keluarga, yaitu pasangan suami istri dan tiga anak mereka. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, namun dua anggota keluarga mengalami luka-luka. Istri pemilik rumah, Yorima Amelia Sitorus (36 tahun), dan anak bungsunya, Martin Purba (6 tahun), mengalami luka di kaki akibat tertimpa tanah dan batu.

"Pada saat kejadian, saya berada di luar rumah sementara istri dan anak-anak berada di dalam. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh, dan air dari atas tebing langsung menimpa rumah kami, merusak ruang tamu dan sebagian atap," ungkap Maruli Purba (39 tahun), pemilik rumah.

Longsor yang terjadi sangat cepat membuat keluarga ini tidak sempat menyelamatkan barang-barang berharga mereka. "Motor matic saya juga tertimpa longsoran," tambah Maruli.

Yorima Amelia Sitorus (36 tahun), istri Maruli, menceritakan detik-detik saat kejadian. "Hujan sangat deras dan lama. Tiba-tiba terdengar suara seperti air terjun di samping rumah, diikuti suara gemuruh. Tembok ruang tamu langsung dihantam longsor tanah," katanya. Dia juga menambahkan bahwa saat itu listrik padam, membuat situasi semakin panik. 

"Kaki kiri Martin tertimpa pecahan tembok hingga luka, dan kaki kanan saya sempat tidak bisa digerakkan karena tertimpa plafon yang ambruk," ungkapnya. 

"Kami berharap pihak perumahan bisa membantu memulihkan rumah kami seperti semula, sehingga kami bisa tinggal lagi di sana," harap Maruli.

Petugas dari unsur kepolisian sektor Parungkuda, Bhabinsa, serta tim P2BK dan Pramuka Peduli segera turun ke lokasi untuk melakukan assessment. Hingga berita ini diturunkan, keluarga korban mengungsi sementara ke rumah warga setempat.



Redaktur : R.Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tebing 15 Meter Longsor di Sukabumi, Rumah Warga Tertimpa Tanah Longsoran

Trending Now

Iklan