Tergerus Longsor, Saluran Air Cinengah Diperbaiki Swadaya Masyarakat

Redaksi
Kamis, 27 Juni 2024 | 15:55 WIB Last Updated 2024-06-27T08:57:41Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Saluran air Cinengah yang tergerus longsor pada jumat, 07 Juni 2024 lalu, di Kampung Cibaregbeg RT 01- 02/02, Desa Caringin, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, mulai di perbaiki menggunakan anggaran swadaya dari masyarakat,  Kamis (27/06/2024). 

Kamal, Ketua RT 02/02 juga selaku panitia pelaksana menyampaikan, bahwa Kegiatan pembangunan saluran air Cinengah ini melalui anggaran dari swadaya masyarakat, karena warga masyarakat sangat membutuhkan saluran air untuk mengairi sawah dan kolam. 

"Saluran air ini terputus akibat adanya longsor yang terjadi pada jumat, 07 Juni 2024 lalu akibat tanah penahan tebing (TPT) mengalami longsor," ujar Kamal, kepada terbit.id.

Lanjut Kamal, bahwa saluran air yang di perbaiki tersebut sepanjang kurang lebih 20 meter dan lebar 1,20 meter dengan tinggi 1 meter, dan saluran air kali Cinengah ini memang sangat dibutuhkan sekali oleh warga untuk mengairi sawah dan kolam ikan milik warga. 

"Selama terputus aliran sungai berdampak sekali kepada sawah hingga mengalami kekeringan," jelasnya. 

Menurutnya, semoga dengan melalui bantuan dari anggaran warga masyarakat pembangunan saluran air ini bisa maksimal, mengingat bantuan dari Pemerintah belum ada, walaupun pengajuan ke pihak Pemerintah Desa sudah diajukan. 

"Material yang dibutuhkan berupa, Besi, pasir, Semen dan Batu serta bronjong, Pihaknya berharap bahwa dari Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait bisa meninjau langsung kondisi longsoran secepatnya dan bisa memberikan anggaran darurat untuk perbaikan saluran air ini," pungkasnya.



Redaktur : Usep Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Tergerus Longsor, Saluran Air Cinengah Diperbaiki Swadaya Masyarakat

Trending Now

Iklan