TERBIT.ID, Jakarta - Volume penumpang KA Pangrango yang dioperasikan oleh KAI Daop 1 Jakarta mengalami peningkatan signifikan selama periode libur Idul Adha 1445 H. Berdasarkan data pemesanan tiket pada H+2 Idul Adha, Rabu, 19 Juni 2024, KA Pangrango relasi Bogor-Sukabumi mencatat sekitar 2.674 penumpang, meningkat dibandingkan rata-rata harian yang mencapai sekitar 2.000 penumpang.
Manager Humas Daop 1 Jakarta, Ixfan Hendriwintoko, menyatakan bahwa peningkatan volume penumpang mulai terjadi sejak 14 Juni 2024, dengan okupansi rata-rata di atas 95% per hari.
"Sampai dengan saat ini, terdapat sekitar 17.496 tiket yang telah terjual untuk keberangkatan pada tanggal 14 s.d 19 Juni 2024, dengan okupansi mencapai 97,2 persen dari jumlah tempat duduk yang disediakan, yaitu 18.000 tempat duduk pada periode yang sama," ujar Ixfan kepada terbit.id, Rabu (19/6/2024).
Peningkatan Penumpang dan Okupansi Tinggi
Volume penumpang tertinggi tercatat pada 15 dan 18 Juni 2024, dengan okupansi mencapai 107% atau sekitar 3.200 penumpang per hari. "Kami melihat antusiasme yang tinggi dari masyarakat untuk menggunakan KA Pangrango selama libur Idul Adha ini," tambah Ixfan.
Untuk mengakomodasi peningkatan tersebut, PT KAI Daop 1 Jakarta menyiapkan total 18.000 tiket KA Pangrango yang beroperasi tiga kali perjalanan pulang pergi setiap harinya dengan rute Stasiun Bogor ke Stasiun Sukabumi. Tarif tertinggi adalah 80 ribu untuk kelas eksekutif dan 45 ribu untuk kelas ekonomi.
Penyesuaian Jadwal KA Pangrango
Mulai 1 Juli 2024, jadwal keberangkatan KA Pangrango akan mengalami penyesuaian yang berdampak pada pengurangan waktu tempuh rata-rata sebanyak 14 menit. Berikut penyesuaian jadwal keberangkatan dari Stasiun Bogor dan Sukabumi:
Keberangkatan Stasiun Bogor:
KA 202A: Berangkat pukul 08.20 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 10.10 WIB
KA 204A: Berangkat pukul 14.00 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 15.50 WIB
KA 206A: Berangkat pukul 19.30 WIB, tiba di Stasiun Sukabumi pukul 21.20 WIB
Keberangkatan Stasiun Sukabumi:
KA 201A: Berangkat pukul 05.30 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 07.20 WIB
KA 203A: Berangkat pukul 11.25 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 13.15 WIB
KA 205A: Berangkat pukul 17.00 WIB, tiba di Stasiun Bogor pukul 18.50 WIB
"Pemesanan tiket KA Pangrango dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI mulai H-30 sampai 1 jam sebelum keberangkatan. Untuk pembelian langsung di loket Go Show, tiket dapat dibeli selambatnya 30 menit sebelum keberangkatan," terang Ixfan.
Kemudahan Akses Informasi dan Pemesanan
Masyarakat dapat mengakses informasi ketersediaan tiket melalui aplikasi Access by KAI yang tersedia untuk perangkat Android dan iOS. Aplikasi ini juga memungkinkan pemesanan tiket, perubahan jadwal, dan pembatalan tiket. Informasi lebih lanjut bisa didapatkan melalui Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui telepon di 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.
Editor : Rawin Cking