Wamendag Pantau Bahan Pokok di Pasar Cisaat: Yang Naik MinyaKita

Redaksi
Selasa, 25 Juni 2024 | 20:52 WIB Last Updated 2024-06-25T13:53:17Z
Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memantau secara langsung harga bahan pokok penting di Pasar Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (25/6/2024).

TERBIT.ID, Sukabumi - Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga memantau secara langsung harga bahan pokok penting di Pasar Cisaat, Kabupaten Sukabumi, Selasa (25/6/2024). Hasilnya, Jerry menemukan kalau minyak goreng dengan merek MinyaKita dijual Rp 16.000 atau diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yang saat ini Rp 14.000 perliter.

Pedagang membandrol harga MinyaKita Rp 16.000 sebab dari distributornya mencapai Rp 15.000.

"Dari semua komoditas yang mengalami kenaikan itu adalah minyak goreng, tepatnya MinyaKita. Minyakita itu HET Rp 14.000 perliter atau 15.500 perkilogram. Tapi tadi kami tanya ke pedagang 'kang ini harganya berapa?' ambil dari distributor sudah di harga Rp 15.000. Maka dari itu ketika dibeli di distributor Rp 15.000 otomatis sampai ke pedagang harganya juga ada penyesuaian, ada kenaikan," kata Jerry.

Menurut Jerry, Menteri Perdagangan memang sudah menyampaikan bahwa nanti akan ada penyesuaian HET untuk Minyakita. "Penyesuaian [HET] itu sedang dibahas, kalau sudah ada update terkait dengan penyesuaian harga, nanti akan segera disosialisasi," kata Jerry.

"Ketika memang belum ada kenaikan harga, ya seharusnya sesuai dengan HET. HET itu sampai di pedagang," imbuhnya.

Lalu bagaimana tindakan pemerintah terhadap distributor yang sudah lebih dulu menaikan harga?

"Kita akan koordinasi dengan pemerintah daerah, kita follow up, kita tanyakan juga kepada distributornya kenapa harganya bisa diatas HET," kata Jerry.


Redaktur : Andri Somantri. 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Wamendag Pantau Bahan Pokok di Pasar Cisaat: Yang Naik MinyaKita

Trending Now

Iklan