110 Siswa SD Negeri Pakuhaji Gelar Upacara Adat Sungkeman dan Cuci Kaki di Sukabumi

Redaksi
Minggu, 07 Juli 2024 | 14:43 WIB Last Updated 2024-07-07T11:55:14Z
Pasangan siswa-siswi sungkem kepada Kepala Sekolah SD Negeri Pakuhaji Anceu Sukmawati dalam Upacara adat acara Panen Karya Pelepasan dan Kenaikan Kelas. Foto : R.Cking.

TERBIT.ID, Sukabumi - Sebanyak 110 siswa-siswi SD Negeri Pakuhaji melaksanakan upacara adat Sungkeman dan cuci kaki orang tua masing-masing sebagai bagian dari rangkaian acara Panen Karya Pelepasan dan Kenaikan Kelas tahun ajaran 2023-2024. Acara ini diadakan di lapangan Komplek Perumahan Balitri, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Minggu (7/7/2024).

Upacara adat ini menjadi momen langka dan penuh haru yang diikuti oleh 110 pasangan anak dan ibu. Tangis dan rasa haru mewarnai ekspresi para ibu saat anak-anak mereka mencuci kaki sebagai simbol penghormatan dan bakti dalam tradisi Sunda.

Kepala Sekolah SD Negeri Pakuhaji, Anceu Sukmawati, mengungkapkan rasa syukurnya bahwa seluruh siswa kelas VI, yang berjumlah 110 orang, lulus dengan baik. “Alhamdulillah, seluruh siswa kelas VI lulus tahun ajaran ini dan akan melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi, baik ke SMP Negeri, Swasta, MTs, maupun Pesantren,” ujarnya.

Acara pelepasan ini juga dimeriahkan dengan berbagai karya seni dari siswa kelas I hingga kelas V yang menampilkan kreasi seni Sunda dan seni modern dan diakhiri hiburan Reog. Ini menunjukkan komitmen SD Negeri Pakuhaji dalam melestarikan dan mengembangkan budaya Sunda di kalangan generasi muda.

“Sebagai orang Sunda, kita harus membanggakan dan melestarikan budaya Sunda sejak dini. Jangan sampai anak-anak kehilangan identitas budaya mereka, apalagi banyak yang lebih sering menggunakan bahasa Indonesia di rumah,” tambah Anceu. 

Dengan adanya kegiatan seni dan upacara adat seperti ini, diharapkan siswa-siswi SD Negeri Pakuhaji dapat lebih mengenal, mencintai, dan melestarikan seni budaya Sunda. Ini juga menjadi pembelajaran penting agar mereka terus menghargai nilai-nilai seni budaya. 

Sementara itu Fardian, Ketua Komite SDN Pakuhaji sekaligus Ketua Panitia acara, menyampaikan terima kasihnya kepada kepala sekolah, para guru, dan orang tua siswa yang telah mendukung dan menyukseskan acara ini. “Saya merasa bangga bisa menjadi bagian dari keluarga besar SD Negeri Pakuhaji,” singkatnya.




Editor  : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 110 Siswa SD Negeri Pakuhaji Gelar Upacara Adat Sungkeman dan Cuci Kaki di Sukabumi

Trending Now

Iklan