Kades Girijaya Cidahu Santuni Ratusan Yatim Jompo di Seren Taun Kasepuhan Girijaya Ke 197

Redaksi
Minggu, 21 Juli 2024 | 19:10 WIB Last Updated 2024-07-21T12:42:14Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Pemerintah Desa Girijaya melaksanakan kegiatan pembukaan acara Seren Taun Kasepuhan Girijaya ke 197 tahun bertempat di Aula Kasepuhan Girijaya, Kampung Girijaya RT 010/004, Desa Girijaya, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Minggu (21/07/2024). 

Kepala Desa Girijaya Dindin Saripudin mengatakan, bahwa kegiatan yang dilaksanakan di Desa Girijaya ini merupakan acara Seren Taun yang secara rutin yang dilakukan setiap tahunnya oleh pihak Kasepuhan Girijaya dan Pemerintah Desa Girijaya. 

"Tujuannya yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas bahwa di Desa Girijaya ini memiliki satu adat budaya yang perlu dilestarikan secara turun temurun," ujarnya kepada terbit.id. 

Lanjut Dindin, bahwa tradisi acara Seren Taun ini di mulai sejak tahun 1827 Masehi dan sampai saat ini kegiatan acara seren taun ini masih diteruskan oleh keturunannya yang masih ada dan adat budayanya pun masih kita lestarikan dan harus ditingkatkan tahun demi tahunnya. 

"Bahwa di Desa Girijaya mempunyai Triloka yaitu tiga wahana wisata diantaranya adat budaya, tempat ziarah makam Kasepuhan dan wisata alam," jelasnya. 

Menurutnya, bahwa kegiatan ini rencana sesuai dari hasil musyawarah dengan para Kasepuhan Girijaya yaitu dari tanggal (21- 22) namun pada kenyataannya pada tanggal 14 banyak tamu yang sudah datang berkunjung untuk mengikuti acara seren taun ini. 

"Bahwa tamu-tamu yang datang itu ada yang dari luar Provinsi maupun Kabupaten," kata dia. 

Dalam acara pembukaan Seren Taun ini sekaligus juga diadakan acara pembagian insentif dan santunan kepada anak yatim piatu dan jompo, karena sesuai misi dan visi nya, dengan janji dan komitmennya ketika dirinya sebelum menjabat Kepala Desa. 

"Saya akan memberikan Insentif selama menjabat dan juga akan memberikan tunjangan kepada warga Desa Girijaya yang meninggal dunia sebesar 500,000 dan Alhamdulillah tahun ini bisa memberikan santunan kepada yatim piatu dan jompo sebanyak 300 orang;"pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana Seren Taun Kasepuhan Girijaya Yana Rosadi mengungkapkan rasa syukur atas kelancaran pelaksanaan acara tahun ini.

"Alhamdulillah, Seren Taun tahun ini berjalan dengan lancar dan sukses. Kami bersyukur atas dukungan dari semua pihak, terutama Forkopimcam Cidahu yang selalu mendukung kami," kata Yana.

Yana berharap Seren Taun dapat terus dilestarikan dan menjadi daya tarik wisata yang semakin populer di Desa Girijaya, dengan melaksanakan puncak acaranya pada kegiatan sedekah bumi atau ruatan bumi. 

"Ucapan terimakasih kepada semua pihak terutama Pemerintah Desa Girijaya yang telah memberikan support hingga terlaksana nya acara Seren Taun ini," pungkasnya. 



Redaktur : U Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Girijaya Cidahu Santuni Ratusan Yatim Jompo di Seren Taun Kasepuhan Girijaya Ke 197

Trending Now

Iklan