Kombes Pol Dedy Darmawansyah Nawirputra: Polisi Bersahaja dengan Segudang Prestasi

Redaksi
Sabtu, 06 Juli 2024 | 14:43 WIB Last Updated 2024-07-06T07:45:11Z
TERBIT.ID, Nusa Tenggara Barat - Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Dedy Darmawansyah Nawirputra, SH, SIK, MH kini menjabat sebagai Kepala Bidang Profesi dan Pengamanan (Kabid Propam) Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Polda NTB). Perwira polisi yang dikenal bersahaja ini telah mengukir berbagai prestasi gemilang sepanjang kariernya.

Lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2002 ini memiliki reputasi yang sangat baik di kalangan kepolisian. Dedy dikenal lugas dan tegas dalam mengungkap berbagai kasus kriminal besar. Saat bertugas di Polda Banten sebagai Kasubdit II Ditreskrimum, Dedy berhasil mengungkap kasus mafia tanah dan girik serta pemalsuan 690 akta jual beli dan akta hibah palsu. Atas keberhasilannya tersebut, ia mendapatkan penghargaan dari Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) saat itu, Sofyan Djalil.

Karir Dedy terus menanjak setelah tugasnya di Polda Banten. Pada tahun 2021, ia ditugaskan sebagai Kapolres Sukabumi, Polda Jawa Barat. Di sana, Dedy kembali menunjukkan kemampuannya dengan mengungkap kasus Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) ke Papua dan berhasil menangkap 17 anggota sindikat peredaran narkoba dengan nilai transaksi miliaran rupiah.

Tidak hanya berprestasi dalam bidang kriminal, Dedy juga dikenal sebagai sosok yang dermawan. Ayah dua anak ini sering melakukan aksi spontan dalam membantu penyandang disabilitas dengan memberikan modal usaha agar mereka bisa mandiri. Selain itu, Dedy juga sering turun langsung membantu masyarakat yang mengalami kesulitan.

Prestasi Dedy tidak berhenti di Sukabumi. Pada tahun 2023, ia dipindahtugaskan ke Polresta Cirebon sebagai Wakapolresta. Di sana, ia terus menunjukkan dedikasinya dengan mengungkap beberapa kasus penting. Keberhasilan ini membawanya pada promosi jabatan menjadi Kabid Propam Polda NTB dengan pangkat Komisaris Besar Polisi.

Kombes Pol Dedy Darmawansyah Nawirputra tidak hanya dikenal sebagai perwira polisi yang berprestasi, tetapi juga sebagai sosok yang bersahaja dan tulus dalam melayani masyarakat. Ketulusannya dalam bekerja dan memimpin menjadi inspirasi bagi banyak orang di sekitarnya. Sebagai Kabid Propam Polda NTB, Dedy diharapkan dapat terus membawa perubahan positif dan menjaga integritas kepolisian di wilayah tersebut.



Editor  : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kombes Pol Dedy Darmawansyah Nawirputra: Polisi Bersahaja dengan Segudang Prestasi

Trending Now

Iklan