Michael Josua, Perwira Remaja Polri Pertama Penganut Konghucu yang Dilantik Presiden Jokowi

Redaksi
Selasa, 16 Juli 2024 | 23:18 WIB Last Updated 2024-07-16T16:20:24Z
TERBIT.ID, Jakarta - Michael Darmawan Cahyadi Josua mencatat sejarah baru di halaman Istana Negara. Pada Upacara Prasetya Perwira (Praspa), Selasa (16/07/24), Michael menjadi perwira remaja Polri pertama penganut Konghucu yang dilantik langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Bersama perwakilan agama lainnya, yaitu M. Shultan Andika Bhakti (Islam), Gamail Marshal Pamungkas (Protestan), Beltazar Wirya Nugraha (Katolik), dan Komang Wiwin Tribuana Putri (Hindu), Michael dengan bangga maju ke hadapan Presiden untuk mengucapkan sumpah jabatan.

"Ini adalah momen yang sangat bersejarah, bukan hanya bagi saya, tetapi juga bagi keluarga dan komunitas Konghucu di Indonesia," ujar Michael dengan penuh semangat.

"Saya merasa sangat bangga bisa berdiri di depan Presiden Jokowi dan mewakili teman-teman Perwira Remaja TNI-Polri," ungkapnya. 

Michael, yang berasal dari keluarga keturunan etnis Tionghoa, mengungkapkan bahwa agama Konghucu yang ia anut adalah warisan nenek moyangnya. "Salah satu kakek saya adalah seorang xue shi (pendeta) Konghucu. Meskipun memiliki keturunan Tionghoa, tapi saya merasa 100 persen Indonesia," jelasnya.

Hidup di Depok, Jawa Barat, Michael dan keluarganya selalu membaur dengan masyarakat dari berbagai latar belakang. Kehadirannya di Istana Negara didampingi oleh kedua orang tuanya dan sahabat masa kecilnya, Muhammad Rayhan Denel, yang juga turut merasa bangga.

“Saya dan Michael sekolah bareng di TK dan SMP. Deket juga sama keluarga dan orangtuanya karena rumah kita tidak jauh. Michael orangnya tekun dan ketekunan inilah salah satu yang membuat ia lolos bisa masuk Akpol,” ujar Rayhan.

Dalam keterangannya, Asisten Kapolri bidang SDM Irjen. Pol. Prof. Dr. Dedi Prasetyo, M.Hum, M.Si, M.M., menegaskan bahwa Polri selalu membuka kesempatan yang sama bagi seluruh anak bangsa tanpa diskriminasi. "Dalam setiap rekrutmen, Polri selalu membuka kesempatan yang sama bagi seluruh anak bangsa yang ingin menjadi polisi tanpa diskriminasi latar belakang suku, agama, ras, dan golongan," jelasnya.



Reporter  : Usep Suherman
Redaktur : Andri Somantri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Michael Josua, Perwira Remaja Polri Pertama Penganut Konghucu yang Dilantik Presiden Jokowi

Trending Now

Iklan