Pasca Longsor, Jalan Provinsi Ruas Jampang Tengah-Lengkong Kembali Dibuka

Redaksi
Senin, 01 Juli 2024 | 20:33 WIB Last Updated 2024-07-01T13:34:45Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Ruas Jalan Raya Provinsi Jawa Barat, Jampang Tengah - Lengkong, yang sempat tertutup akibat longsor, kini sudah bisa dilalui kendaraan roda dua dan roda empat mulai hari ini, Senin (01/07/2024).

Chaerul Ichwan, Camat Jampang Tengah, mengungkapkan bahwa longsor yang menimbun ruas jalan di Kampung Cikaler, Desa Bantaragung, Kecamatan Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi terjadi pada Sabtu, 29 Juni 2024 malam. 

"Berkat kerjasama dan gotong royong dari petugas gabungan, jalan provinsi ini kini sudah bisa dilalui kendaraan," ujarnya kepada terbit.id.

Chaerul menambahkan, longsor terjadi sekitar pukul 02.00 WIB akibat hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut. "Tebing di atas jalan sangat labil, sehingga longsor dan menimbun badan jalan saat hujan deras. Meski jalan sudah bisa dilalui, petugas masih berada di lokasi untuk membersihkan sisa material longsor," ungkapnya. 

Petugas juga terus memantau kondisi tanah di sekitar lokasi karena hujan masih terus turun, yang berpotensi menyebabkan longsor susulan. "Kami masih terus membersihkan dan memantau area tersebut," tandasnya. 

Andi Nugroho, Kepala UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan II Sukabumi pada Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Barat, mengatakan bahwa longsor terjadi di Kilometer 142+900 pada ruas Jalan Jampang Tengah - Kiaradua. 

"Longsor disebabkan oleh retakan tebing yang diguyur hujan deras, menutupi jalan sepanjang 70 meter dengan ketinggian longsoran 2,50 meter dan lebar 10 meter," ujarnya. 

Andi memastikan tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun longsor sempat menghambat lalu lintas. "Penanganan longsor sudah selesai berkat kolaborasi berbagai pihak," ucapnya. 

Setelah longsor, UPTD Pengelolaan Jalan dan Jembatan Wilayah Pelayanan II Sukabumi menurunkan unit reaksi cepat (URC) Tim UPTD 2 KSPPJ2 beserta alat berat loader, bacholoader, dan lima unit dump truck untuk evakuasi. "Dengan kesigapan tim, jalur sudah bisa dibuka kembali meskipun masih dengan sistem buka-tutup," ungkapnya.

Andi juga mengingatkan pengguna jalan agar tetap berhati-hati karena area tersebut masih licin. "Kami berterima kasih kepada semua pihak yang membantu sehingga akses jalan yang tertimbun longsor sudah bisa dibuka kembali," pungkasnya.



Redaktur : U. Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pasca Longsor, Jalan Provinsi Ruas Jampang Tengah-Lengkong Kembali Dibuka

Trending Now

Iklan