Pengawasan Netralitas ASN, TNI, dan POLRI pada Pilkada 2024 di Cicurug"

Redaksi
Jumat, 26 Juli 2024 | 12:46 WIB Last Updated 2024-07-26T05:47:49Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Panitia Pengawas (Panwas) Pemilihan Kecamatan Cicurug mengadakan rapat sosialisasi pengawasan netralitas ASN, TNI, POLRI, Kepala Desa dan perangkat Desa pada Pilkada tahun 2024 Se - Kecamatan Cicurug, bertempat di Aula Kantor Desa Benda, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (26/07/2024). 

Ketua Panwas Pemilihan Kecamatan Cicurug, Deni Hermawan mengatakan, bahwa rapat sosialisasi ini adalah merupakan bagian dari upaya untuk 
melakukan sosialisasi kepada ASN,TNI, POLRI, Kepala Desa, Perangkat desa untuk menyadari
pentingnya menjaga integritas dan netralitas dari seluruh pihak terkait.

"Ini dalam rangka menjamin keadilan dan transparansi dalam pelaksanaan Pilkada tahun 2024 Kabupaten Sukabumi,”ujarnya kepada terbit.id.

Lanjut Deni, bahwa menjelang Pilkada tahun 2024 ini ASN  harus memiliki asas netralitas yang di amanatkan dalam Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang di dalamnya disebutkan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan atau pengurus partai politik.

"ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh maupun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun,”jelasnya.

Menurutnya, pihaknya akan memberikan pemahaman mengenai aturan netralitas yang harus dipegang teguh selama proses pemilihan Pilkada berlangsung,tujuannya yaitu untuk menghindari pelanggaran yang dapat merusak integritas dalam Pilkada tahun 2024.

"Saya berharap bahwa dengan sosialisasi dan kunjungan ini, seluruh ASN,TNI, POLRI, Kepala Desa dan Perangkat Desa akan lebih memahami pentingnya netralitas serta menjalankan tugas dan fungsi mereka demi menjaga Pilkada ini secara adil dan transparan," pungkasnya. 

Acara rapat sosialisasi ini di lanjutkan dengan melakukan penandatanganan fakta integritas dari semua unsur yang hadir. 



Redaktur : U Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pengawasan Netralitas ASN, TNI, dan POLRI pada Pilkada 2024 di Cicurug"

Trending Now

Iklan