Syukuran Nelayan Desa Ciwaru Ke 67 Menampilkan Kesenian Tradisional dan UMKM

Redaksi
Kamis, 04 Juli 2024 | 17:51 WIB Last Updated 2024-07-04T10:52:55Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Ratusan warga masyarakat mengikuti acara Syukuran Nelayan Desa Ciwaru yang ke 67, tepatnya di Pantai Palangpang, Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (04/07/2024). 

Acara syukuran tersebut dimeriahkan dengan pentas seni tradisional diantaranya Pentas tari jipeng oleh masyarakat, siswa PAUD, SD, SMP dan SMA se-Kecamatan Ciemas dengan mengusung Tema",Dengan Syukuran Nelayan Desa Ciwaru ke 67 Mari Kita jaga dan lestarikan situs budaya dan alam geopark ciletuh lanjutkan kebaikan jaga kekompakan bersama kita bisa".

Bupati Sukabumi Marwan Hamami melaui Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Ahmad Samsul Bahri menyampaikan, bahwa pihaknya mengungkapkan rasa bahagia dan syukur kepada Allah SWT atas rezeki hasil laut khususnya untuk nelayan Desa Ciwaru. 

"Mudah-mudahan akan menjadi berkah dan semoga pendapatan para nelayan agar bisa terus meningkat  dan menyejahterakan,"ujarnya.

Lanjutnya, ditekankan pula bahwa Inpres No 7 tahun 2015 tentang percepatan pembangunan industri perikanan menjadi payung hukum bagi Pemerintah Kabupaten Sukabumi agar menjadi semangat untuk meningkatkan industri perikanan. 

"Karena itu potensi di bidang perikanan yang harus dikelola dengan cerdas agar bisa bermanfaat penuh bagi seluruh masyarakat," jelasnya. 

Kegiatan syukuran nelayan Desa Ciwaru juga harus dimanfaatkan sebagai sarana promosi Geopark Ciletuh Palabuhanratu agar dapat menarik wisatawan baik dalam dan luar negeri, artinya Keberagaman potensi alam dan budaya harus dikembangkan dengan baik. 

"Kegiatan ini juga harus merangkul pelaku UMKM yang ada di wilayah agar semakin dikenal dan meningkatkan daya dan nilai jualnya," tegasnya. 

Bahwa Bupati Sukabumi juga menyampaikan,ucapan terima kasih kepada semua unsur terkait yang telah membantu kelancaran dalam kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik dan lancar. 

"Harapannya seluruh komponen masyarakat dan stakeholder dapat bersinergi dengan baik agar visi dan misi Kabupaten Sukabumi khususnya pemberdayaan masyarakat dapat terwujud," pungkasnya. 

Hadir dalam acara tersebut Kadis Perikanan Kabupsten Sukabumi, Sekdis Budpora, unsur Bapenda,  Forkopimcam kec. Ciemas, Kepala Polairud, polres sukabumi, Anggota DPRD,. Tokoh Pemuda. Tokoh Masyarakat. Tokoh Agama. Unsur TNI. Kades Desa Ciwaru, unsur. Dinas Pariwisata, Badan Pengelola Geopark Ciletuh Palabuhanratu serta Ketua himpunan nelayan Kabupaten Sukabumi.



Reporter  : Usep Suherman
Redaktur : Andri Somantri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Syukuran Nelayan Desa Ciwaru Ke 67 Menampilkan Kesenian Tradisional dan UMKM

Trending Now

Iklan