Anggota DPRD Terpilih Bayu Permana Tanggapan Inspiratif di Hari Jadi Desa Sundawenang ke-43

Redaksi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 13:45 WIB Last Updated 2024-08-03T06:48:01Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Anggota DPRD terpilih Dapil ll Kabupaten Sukabumi dari Partai PKB, Bayu Permana, menghadiri rangkaian acara hari jadi Desa Sundawenang ke-43 yang berlangsung di komplek perumahan PLN Kampung Angkrong RT 5/8, Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (3/8/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Bayu Permana mengucapkan selamat atas hari jadi Desa Sundawenang yang ke-43. Ia menekankan pentingnya menjaga tradisi desa dan berharap agar acara semacam ini bisa menginspirasi desa-desa lainnya.

"Milad Desa Sundawenang adalah bagian dari tradisi desa yang harus dijaga. Mudah-mudahan ini bisa menginspirasi desa-desa lain. Kegiatan di desa tidak selalu harus formal, tapi juga bisa mencakup budaya kultur seperti tradisi ulang tahun desa atau yang di desa adat disebut serentaun," ujar Bayu Permana.

Bayu berharap ulang tahun desa tidak hanya menjadi sekadar seremonial, tetapi juga menjadi momen evaluasi dan melahirkan rekomendasi untuk tahun depan. "Jadi saya berharap ulang tahun desa itu bukan sekadar seremonial, upacara adat berlalu begitu saja, tetapi harus memunculkan rekomendasi-rekomendasi. Misalnya, jika di tahun lalu ada kebutuhan untuk meningkatkan ketahanan pangan, itu akan menjadi rekomendasi untuk rencana pembangunan satu tahun ke depan. Momentum ini banyak dihadiri warga, sehingga partisipasi dan aspirasi warga bisa ditangkap oleh pemerintah desa dan menjadi bahan kajian serta rancangan program di tahun-tahun mendatang," tambahnya.

Lebih lanjut, Bayu juga menyoroti pentingnya menjaga potensi sumber daya alam untuk pertumbuhan ekonomi melalui pabrik industri dan lainnya, tanpa melupakan akar budaya sebagai kekuatan utama.

Dalam pernyataannya, Bayu juga menegaskan komitmennya untuk menjadikan Desa Sundawenang sebagai salah satu desa binaan. "Desa Sundawenang menjadi salah satu desa basis, desa binaan, bukan hanya untuk saya, tetapi juga untuk anggota Dewan Provinsi Jawa Barat, Kang Hasyim, dan Kang Zaenul dari DPR-RI. Insyaallah, saya komitmen lima tahun ke depan memaksimalkan berbagai akses yang dimiliki untuk mendorong pembangunan di Desa Sundawenang," ujar Bayu.

Bayu juga memberikan pesan kepada Desa Sundawenang untuk terus meningkatkan partisipasi aktif warga desa. "Desa Sundawenang memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak, tetapi partisipasi atau animo warganya masih perlu ditingkatkan ke depannya," tutupnya.



Editor : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Anggota DPRD Terpilih Bayu Permana Tanggapan Inspiratif di Hari Jadi Desa Sundawenang ke-43

Trending Now

Iklan