Gebyar Meriah Pesta Rakyat Hari Jadi Desa Sundawenang ke-43

Redaksi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 11:47 WIB Last Updated 2024-08-03T04:48:45Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Gebyar semarak rangkaian hari jadi Desa Sundawenang ke-43 tahun 2024 diawali dengan pesta rakyat yang menyuguhkan hiburan seni budaya Sunda. Acara berlangsung di komplek perumahan PLN Kampung Angkrong RT 5/8 Desa Sundawenang, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (3/8/2024).

Desa Sundawenang, yang berdiri sejak tahun 1981 sebagai hasil pemekaran dari Desa Parungkuda, diusia ke 43 saat ini menyandang status desa Mandiri. Dengan moto "Berdaya dan Berbudaya," Menggelar berbagai rangkaian kegiatan untuk memeriahkan hari jadi desa ini, mulai dari hiburan rakyat, penampilan seni budaya, turnamen olahraga, kegiatan keagamaan, bakti sosial, hingga pameran UKM.

Kepala Desa Sundawenang, Wahid, menyampaikan bahwa rangkaian acara hari jadi ke-43 tahun ini dimulai dengan hiburan rakyat. "Alhamdulillah, hari ini kita mulai menggelar rangkaian hari jadi Desa Sundawenang ke-43 tahun 2024, diawali dengan senam ibu-ibu, dilanjutkan dengan pesta rakyat yang menampilkan seni budaya Sunda dari Sanggar Seni Gapura Emas Nagrak Selatan, seperti Jaipongan, Pop Sunda, dan Wayang Bobodoran dalang Merwan Meryaman," kata Wahid.

Selain hiburan seni budaya, rangkaian kegiatan hari jadi juga mencakup turnamen olahraga yang mempertandingkan 4 cabang, termasuk bola voli, bulutangkis, tenis meja, dan catur. "Kami juga mengadakan lomba liwet pada tanggal 17 Agustus, jalan santai seluruh warga masyarakat desa, dan perlombaan khas 17-an," tambah Wahid.

Kegiatan keagamaan juga menjadi bagian penting dalam perayaan ini. "Puncak acara pada tanggal 23 Agustus, kita akan mengadakan perlombaan keagamaan dan ditutup dengan tabligh akbar yang menghadirkan qori internasional serta mubaligh dari Kabupaten Sukabumi, Kyai Haji Aang," jelas Wahid.

Tujuan utama dari perayaan hari jadi ini adalah untuk mewujudkan masyarakat Desa Sundawenang yang berdaya dan berbudaya. "Kegiatan hari jadi ini menjadi bagian dari ikhtiar kita untuk mewujudkan masyarakat Desa Sundawenang yang berdaya dan berbudaya. Visi kita adalah mewujudkan masyarakat Desa Sundawenang yang mandiri dan memiliki kebudayaan yang kuat," pungkas Wahid.

Dengan semangat kebersamaan dan gotong royong, masyarakat Desa Sundawenang diharapkan dapat terus maju dan berkembang, menjaga kearifan lokal serta memperkuat identitas budaya Sunda.



Editor : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gebyar Meriah Pesta Rakyat Hari Jadi Desa Sundawenang ke-43

Trending Now

Iklan