Gebyar Muharram 1446 H: DPAC FKDT Kecamatan Cicurug Santuni Ratusan Anak Yatim

Redaksi
Sabtu, 03 Agustus 2024 | 10:17 WIB Last Updated 2024-08-03T03:18:13Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Dewan Pengurus Anak Cabang Forum Komunikasi Diniyah Takmiliyah (DPAC FKDT) Kecamatan Cicurug menyelenggarakan Gebyar Muharram 1446 Hijriah dengan memberikan santunan kepada ratusan anak yatim. Acara ini berlangsung di Aula Kantor Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Jumat (02/08/2024).

Ketua DPAC FKDT Kecamatan Cicurug, Irvan Ramdhani, menyampaikan bahwa kegiatan ini mengusung tema "Kebahagiaan adalah kesetiaan, setia atas indahnya merasa cukup, setia atas indahnya berbagi, setia atas indahnya ketulusan berbuat baik, dengan memuliakan anak yatim."

"Secercah asa dan empati kita menjadi harapan mereka bersama ketika rasa syukur kita tergerak untuk amal yang nyata," ujarnya kepada terbit.id.

Irvan menjelaskan bahwa sejak ia menjabat sebagai Ketua DPAC FKDT Kecamatan Cicurug, kegiatan santunan anak yatim selalu menjadi bagian dari peringatan Gebyar Muharram. Tahun ini, jumlah anak yatim yang menerima santunan meningkat dari 316 anak pada tahun 2023 menjadi 352 anak, dengan kenaikan sekitar 30 hingga 40 persen. Desa Benda menjadi penyumbang terbesar dengan 58 anak yatim dan piatu.

"Anak yatim yang mendapatkan santunan adalah anak yang masih aktif menjadi santri yatim di madrasah diniyah. Jadi, yang sudah keluar tidak dimasukkan lagi," jelasnya.

Irvan juga mengucapkan terima kasih kepada para guru madrasah yang terus bekerja dengan sabar dan tawakal meskipun dengan gaji yang minim. Mereka tetap berusaha membuat para santri yatim tersenyum dengan menyisihkan sebagian rejeki mereka untuk anak-anak yatim. Selain itu, para santri yang tidak yatim piatu juga ikut menyisihkan uang jajan mereka untuk membantu teman-temannya yang yatim piatu.

"Dengan menyisihkan sebagian rejekinya untuk anak yatim dari para gurunya, serta dari para santri yang tidak yatim piatu juga ikut menyisihkan dari uang jajannya agar bisa membantu temannya yang sudah yatim piatu," ungkap Irvan.

Selain kegiatan santunan, FKDT Kecamatan Cicurug juga sebelumnya telah mengirimkan peserta lomba Porsadin tingkat Kabupaten Sukabumi yang dilaksanakan di Kecamatan Kadudampit. Peserta dari FKDT Kecamatan Cicurug meraih banyak trofi dan piagam penghargaan.

"Kurang lebih 15 trofi dan 15 piagam penghargaan. Walaupun Kecamatan Cicurug tidak meraih juara umum, tetapi Kecamatan Cicurug adalah yang paling banyak mengirimkan peserta di lomba Porsadin tahun 2024," pungkas Irvan.



Redaktur : U Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gebyar Muharram 1446 H: DPAC FKDT Kecamatan Cicurug Santuni Ratusan Anak Yatim

Trending Now

Iklan