Kebakaran Gudang Penggilingan Padi di Magetan Ratusan Kuintal Gabah Terbakar

Redaksi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 23:21 WIB Last Updated 2024-08-16T16:22:10Z
TERBIT.ID, Magetan - Sebuah gudang penggilingan padi di Kelurahan Sukowinangun, Kecamatan Magetan, Jawa Timur, terbakar hebat pada Jumat sore (16/8/2024). Kebakaran ini diduga dipicu oleh korsleting listrik yang terjadi pada instalasi kelistrikan di area gudang menghanguskan ratusan kuintal gabah kering serta seisi gudang.

Api dengan cepat menyambar puluhan karung glangsing berisi gabah kering yang siap digiling, menyebabkan kebakaran besar yang sulit dikendalikan. Seluruh isi gudang, termasuk ratusan kuintal gabah kering, tidak dapat diselamatkan dari kobaran api.

Pemilik gudang, Sujar, warga setempat, tidak kuasa melihat gudangnya dilalap api dan langsung pingsan di lokasi kejadian. "Yang bersangkutan belum bisa dimintai keterangan karena masih dalam kondisi pingsan," ungkap Jarot Eka, A.md., Kepala Seksi Pencegahan Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan, ketika dihubungi jurnalis.

Kebakaran terjadi di bagian selatan atau belakang Kantor Satpol PP dan Damkar Kabupaten Magetan, tepatnya di jalan yang tembus ke Timur Pasar Sayur. Sebelum tim pemadam kebakaran tiba, warga sekitar sempat berupaya memadamkan api dengan cara tradisional, namun usaha tersebut tidak berhasil mengendalikan kobaran api.

Beberapa warga lain berusaha menyelamatkan karung-karung gabah yang berada di luar jangkauan api agar tidak turut terbakar. Namun, cuaca yang panas dan isi gudang yang mudah terbakar membuat api semakin besar, melahap habis seluruh gudang.

"Selain karena isi gudang yang mudah terbakar, kondisi cuaca yang panas juga memperparah kebakaran. Api terus membesar dan sulit dikendalikan," kata Cahyono, salah seorang saksi mata yang berada di lokasi kejadian.

Empat unit mobil pemadam kebakaran dari pemerintah daerah setempat akhirnya tiba di lokasi dan mulai memadamkan api. Tim pemadam kebakaran terlebih dahulu melakukan pembasahan di sejumlah sisi aman untuk mencegah penyebaran api. Setelah itu, mereka berhasil menjinakkan api dengan menargetkan titik pusat kebakaran.

Setelah api berhasil dipadamkan, petugas Damkar melanjutkan dengan proses pembasahan untuk memastikan tidak ada potensi munculnya api kembali. Dugaan sementara, kebakaran ini disebabkan oleh korsleting listrik pada mesin pompa air (sanyo) di dalam gudang penggilingan padi.

Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dalam kejadian ini. Namun, kerugian materiil diperkirakan mencapai Rp500 juta. Aparat kepolisian setempat masih melakukan penyelidikan lebih lanjut untuk memastikan penyebab pasti kebakaran ini.



Kontributor  : Fin
Redaktur       : Andri Somantri
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kebakaran Gudang Penggilingan Padi di Magetan Ratusan Kuintal Gabah Terbakar

Trending Now

Iklan