Motor Terbakar Usai Isi BBM, SPBU Ongkrak Cibadak Alami Kerusakan

Redaksi
Sabtu, 24 Agustus 2024 | 14:12 WIB Last Updated 2024-08-24T07:13:47Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Sebuah insiden kebakaran sepeda motor usai mengisi BBM Pertalite terjadi di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum  (SPBU) Ongkrak di jalan raya Siliwangi Kampung Ongkrak RT 03/03 Desa Pamuruyan, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa barat. Meskipun api berhasil dipadamkan, insiden ini menyebabkan kerusakan fasilitas SPBU tanpa menimbulkan korban jiwa. Sabtu (24/8/2024). 

Kejadian ini sempat menimbulkan kekhawatiran, dengan beredarnya video di media sosial yang memperlihatkan kebakaran di SPBU, dari hasil pantauan tim terbit.id, diketahui Insiden ini dipicu oleh sebuah sepeda motor jenis Fultsar berwarna merah dengan nomor polisi F 4169 TI yang terbakar usai mengisi bahan bakar Pertalite. 

Wakil Komandan Posko V Damkar Cibadak, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kabupaten Sukabumi, Heri Hermawan, menyampaikan bahwa pihaknya menerima laporan kebakaran tersebut melalui telepon sekitar pukul 11.40 WIB. Namun, ia mengakui bahwa laporan diterima terlambat, karena api sudah menyala sebelum waktu tersebut.

"Kami mendapat informasi sedikit terlambat, karena api sebenarnya sudah mulai sebelum pukul 11.40 WIB. Untungnya, karyawan SPBU segera menggunakan alat pemadam api ringan (APAR) sehingga api bisa dikendalikan," ujar Heri kepada awak media.

Begitu tiba di lokasi, tim pemadam kebakaran segera melakukan penyemprotan pendinginan dengan menggunakan unit mobil pemadam 501. Sebanyak lima personel dari Posko V Damkar Cibadak dan empat anggota tim penyelamat (rescue) diterjunkan untuk memastikan api benar-benar padam.

Heri merasa lega karena kebakaran ini dapat cepat diatasi tanpa menimbulkan kerusakan yang lebih parah. "Alhamdulillah, mesin-mesin utama SPBU tidak terkena dampak kebakaran. Dari informasi yang kami dapat, api muncul ketika pemilik motor menyalakan kendaraannya setelah mengisi BBM dan mendekat ke area perkantoran SPBU," jelasnya.

Meski belum ada informasi pasti mengenai total kerugian, Heri menyebutkan bahwa kebakaran ini menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian fasilitas SPBU, termasuk atap, AC, dan kabel-kabel AC.

"Beruntung sekali, tidak ada korban jiwa atau luka-luka dalam insiden ini. Dugaan awal, kebakaran ini terjadi akibat kebocoran pada tangki bensin motor," pungkasnya.



Editor  : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Motor Terbakar Usai Isi BBM, SPBU Ongkrak Cibadak Alami Kerusakan

Trending Now

Iklan