Otsuka Gandeng Puluhan Perusahaan Baru untuk Komitmen Eliminasi Tuberkulosis di Tempat Kerja

Redaksi
Selasa, 06 Agustus 2024 | 07:00 WIB Last Updated 2024-08-06T05:45:09Z


TERBIT.ID, Bandung - Dalam upaya memberantas tuberkulosis di lingkungan kerja, Otsuka kembali mengambil langkah inovatif dengan menggandeng puluhan perusahaan untuk menandatangani komitmen bersama. Bertepatan dengan perayaan Hari Anak Nasional bertemakan “Anak Bebas TBC, Indonesia Maju,” acara ini menegaskan pentingnya kesehatan pekerja demi masa depan generasi muda yang lebih sehat dan cemerlang.

Informasi dirangkum terbit.id, Penandatanganan ini dilakukan dalam rangkaian acara Hari Anak Nasional bertema “Anak Bebas TBC, Indonesia Maju” yang diselenggarakan di Gedung Sate, Bandung. Acara tersebut juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin dan Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin.

Sudarmadi Widodo - Human Capital & Corporate Communications Director Otsuka Group menyampaikan, Otsuka, dengan filosofi "Otsuka People Creating New Products for Better Health Worldwide," terus berkomitmen mendukung target Eliminasi Tuberkulosis 2030 melalui program Free TBC at Workplaces yang bertujuan membebaskan tempat kerja dari Tuberkulosis serta menghilangkan stigma negatif terhadap pasien Tuberkulosis," jelas Widodo, Jumat, 2 Agustus 2024.


Lebih lanjut Widodo mengatakan, Menurut data WHO Global TB Report 2022, terdapat 10,6 juta orang di dunia yang jatuh sakit karena Tuberkulosis, dengan 1,3 juta di antaranya meninggal dunia. Indonesia sendiri termasuk dalam delapan negara dengan beban kasus terbesar, menempati posisi kedua setelah India dengan kasus baru sebanyak 1.060.000 dan kematian mencapai 134.000 jiwa atau setara dengan 15 kematian per jam akibat Tuberkulosis. Cakupan penemuan kasus Tuberkulosis pada usia produktif (25 - 54 tahun) di Indonesia adalah sekitar 35%, namun jika ditarik usia 15 - 60 tahun maka menjadi sekitar 70% dari total keseluruhan, sehingga data ini memberikan kontribusi signifikan dalam penyebaran Tuberkulosis di Indonesia.

“Sebagai perusahaan inisiator dalam edukasi untuk pencegahan dan penanggulangan Tuberkulosis di tempat kerja melalui program Free Tuberculosis at Workplaces, Otsuka Group berhasil mengajak puluhan perusahaan untuk berkomitmen dalam program bebas Tuberkulosis di tempat kerja pada Hari Anak Nasional 2024 yang berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI," ujarnya.

Widodo menambahkan, “Hal ini sebagai wujud dukungan berbagai perusahaan kepada pemerintah dalam mencapai target Indonesia untuk eliminasi Tuberkulosis tahun 2030 dan bebas Tuberkulosis pada 2050.”

"Otsuka Group akan terus konsisten membantu pemerintah Indonesia mengurangi kasus Tuberkulosis dan menargetkan lebih banyak perusahaan untuk bergabung dalam mengeliminasi Tuberkulosis. Tujuannya adalah menciptakan lingkungan kerja yang sehat dan masyarakat Indonesia yang terbebas dari Tuberkulosis," tutup Widodo.


Editor  : R.Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Otsuka Gandeng Puluhan Perusahaan Baru untuk Komitmen Eliminasi Tuberkulosis di Tempat Kerja

Trending Now

Iklan