Pelantikan Majelis Pembimbing Ranting dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka Kecamatan Parungkuda

Redaksi
Jumat, 02 Agustus 2024 | 17:26 WIB Last Updated 2024-08-06T01:59:49Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Pengurus Kwartir Ranting (Kwarran), Lembaga Pemeriksa Keuangan, dan Majelis Pembimbing Gugus Depan (Mabigus) Gerakan Pramuka Kwartir Ranting Kecamatan Parungkuda masa bakti 2024-2027 resmi dilantik dan dikukuhkan di MI Daarussa'adah Kampung Babakan Pendeuy RT 2/05 Desa Bojongkokosan, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat(2/8/2024). 

Acara ini dihadiri oleh Waka Orgakum Kabupaten Sukabumi, Jujun, beserta jajaran Pramuka lainnya. Dalam sambutannya, Ketua Kwartir Ranting Parungkuda, Ka Anceu Sukmawati, mengungkapkan pentingnya meningkatkan kualitas Pramuka di Kecamatan Parungkuda.

“Hari ini kita melantik Majelis Pembimbing Ranting, Pengurus Kwartir Ranting, Lembaga Pemeriksa Keuangan, dan mengukuhkan Majelis Pembimbing Gugus Depan. Semua ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pramuka di Kecamatan Parungkuda,” ujar Ka Anceu Sukmawati, Jumat (2/8/2024). 

Ia juga menegaskan bahwa Pramuka akan terus berkembang sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka. "Ada asumsi bahwa Pramuka akan diberhentikan, namun hal tersebut tidak benar. Kita justru harus semakin menguatkan peran Pramuka, terutama sebagai kegiatan ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah,” tambahnya.

Ka Anceu Sukmawati juga memaparkan program kerja ke depan yang akan difokuskan pada beberapa agenda penting di bulan Agustus, termasuk pengukuhan dan pelantikan Pramuka Garuda Siaga yang akan dilaksanakan pada tanggal 13-14 Agustus. Selain itu, peringatan HUT Pramuka ke-63 dan pesta siaga akan diadakan pada tanggal 12 Agustus.

"Kita akan melanjutkan tugas yang belum terselesaikan, dengan fokus menciptakan Pramuka Garuda sesuai dengan anjuran yang ada. Parungkuda akan melaksanakan pengukuhan dan pelantikan Pramuka Garuda Siaga pada tanggal 13-14 Agustus," jelasnya.

Ia juga menekankan pentingnya kerjasama dengan berbagai stakeholder, termasuk Puskesmas melalui Saka Bakti Husada, untuk meningkatkan gerakan Pramuka di wilayah Parungkuda. "Kami akan merapatkan barisan dengan stakeholder yang ada untuk meningkatkan gerakan Pramuka," ujarnya.

Jumlah pengurus yang dilantik mencapai 26 orang, ditambah dengan 10 orang Mabiran, sehingga totalnya mencapai 70 orang termasuk Mabigus yang baru.

"Ke depan, kami harus lebih meningkatkan tugas sebagai pengurus. Bukan hanya sekedar pengukuhan, tetapi juga menjalankan tugas dan fungsi dengan baik," tutup Ka Anceu Sukmawati.

Dengan pelantikan dan pengukuhan ini, diharapkan gerakan Pramuka di Kecamatan Parungkuda dapat semakin maju dan berkontribusi positif bagi perkembangan generasi muda di wilayah tersebut.




Editor : R.Cking

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pelantikan Majelis Pembimbing Ranting dan Pengukuhan Majelis Pembimbing Gugus Depan Pramuka Kecamatan Parungkuda

Trending Now

Iklan