Pemdes Tangkil Gelar Lomba Gapura untuk Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Cinta NKRI

Redaksi
Jumat, 16 Agustus 2024 | 14:56 WIB Last Updated 2024-08-16T07:57:34Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Pemerintah Desa (Pemdes) Tangkil, Kecamatan Cidahu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, menyelenggarakan berbagai perlombaan untuk masyarakat. Salah satu lomba yang menjadi perhatian adalah lomba gapura dengan nuansa merah putih, yang bertujuan untuk menumbuhkan semangat kebersamaan dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Kepala Desa Tangkil, Ijang Sihabudin, menjelaskan bahwa lomba ini merupakan bagian dari upaya Pemdes untuk menggerakkan kesadaran masyarakat dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan, sekaligus merawat nilai-nilai gotong royong yang mulai memudar.

"Alhamdulillah, dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan yang ke-79, kami selalu mengadakan berbagai kegiatan untuk menggugah kecintaan masyarakat terhadap NKRI. Salah satunya adalah lomba kebersihan dan gapura. Kami ingin agar masyarakat lebih sadar akan pentingnya kebersihan lingkungan," ujar Ijang.

Menurut Ijang, kesadaran akan kebersihan lingkungan sangat penting, terutama mengingat dampak buruk yang sering terjadi akibat kurangnya perhatian terhadap hal ini, seperti banjir dan longsor. Oleh karena itu, lomba kebersihan antar-RT juga diadakan sebagai upaya untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat.

"Kami ingin melihat bagaimana seorang Ketua RT bisa menggerakkan warganya dalam menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. Walaupun hadiahnya tidak seberapa, tetapi ini tentang harga diri dan tanggung jawab bersama," tambahnya.

Lomba gapura ini diikuti oleh hampir 85% RT di Desa Tangkil, dengan Universitas Muhammadiyah Sukabumi dilibatkan sebagai juri penilai. Kriteria penilaian tidak hanya berdasarkan keindahan fisik gapura, tetapi juga dilihat dari semangat gotong royong dan kebersamaan warga dalam pembuatannya.

"Kami tekankan kepada para mahasiswa yang menjadi juri untuk melihat potensi apa saja yang ada di setiap lingkungan, karena setiap lingkungan memiliki kekhasan dan tantangan yang berbeda. Selain itu, kami juga berharap agar masyarakat bisa lebih kreatif, seperti mengolah sampah menjadi pupuk kompos yang bermanfaat bagi lingkungan," kata Ijang.

Selain gapura, berbagai kegiatan lain juga digelar, seperti turnamen olahraga yang melibatkan seluruh elemen masyarakat. Ijang berharap, melalui kegiatan-kegiatan ini, semangat kebersamaan dan gotong royong di Desa Tangkil dapat terus terjaga dan bahkan ditingkatkan.

"Kami sebagai bagian dari pemerintahan desa merasa bertanggung jawab untuk merawat NKRI, bukan hanya dalam hal keamanan yang menjadi tugas TNI dan Polri, tetapi juga dalam merawat nilai-nilai kebersamaan dan gotong royong yang sudah mulai luntur di masyarakat," pungkas Ijang.

Dengan berbagai kegiatan ini, Pemdes Tangkil berharap dapat menginspirasi masyarakat untuk terus menjaga dan merawat lingkungan serta memperkuat rasa cinta terhadap tanah air, sebagaimana yang telah diwariskan oleh para pejuang kemerdekaan.




Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pemdes Tangkil Gelar Lomba Gapura untuk Tingkatkan Semangat Kebersamaan dan Cinta NKRI

Trending Now

Iklan