Puluhan Satlinmas Desa Tenjoayu Dipersiapkan untuk Pengamanan Jelang Pilbup 2024

Redaksi
Kamis, 15 Agustus 2024 | 05:53 WIB Last Updated 2024-08-14T22:54:59Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Sebanyak 55 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Tenjoayu mengikuti pelatihan peningkatan kapasitas di Aula Desa Tenjoayu, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Rabu (14/8/2024). Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan Satlinmas dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan, khususnya menjelang Pemilukada tahun 2024.

Pelatihan ini mengusung moto "Peran Serta Satlinmas dalam Bencana, Ketertiban, serta Keamanan Lingkungan" dan diisi oleh berbagai narasumber dari unsur pemerintahan dan aparat keamanan. 

Kepala Desa Tenjoayu Agus Permana Sekretaris Desa, Hendra SW, menyatakan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk memberikan pemahaman kepada anggota Satlinmas tentang peran, fungsi, dan tugas mereka dalam menghadapi berbagai situasi.

“Intinya adalah pemahaman yang lebih dalam mengenai peran, fungsi, dan tugas Satlinmas, terutama saat menghadapi permasalahan di lingkungan,” ujar Hendra kepada Terbit.id.

Pelatihan ini menghadirkan beberapa narasumber, antara lain Anton Ardiansyah, Kasi Pemerintahan Kecamatan Cicurug; Alwan Awaludin dari Tagana; Moh Hasan Basri dari Damkar Danposko IV Cicurug; P2BK Moh Abdul Rizki; serta Serma Jajang Supriatna dari Koramil 0607-13/Cicurug yang memberikan pelatihan fisik, mental, dan dasar Peraturan Baris-Berbaris (PBB).

"Dari unsur TNI, Serma Jajang Supriatna memberikan pelatihan fisik, mental, serta dasar PBB untuk meningkatkan kesiapan para anggota Satlinmas," tambah Hendra.

Hendra juga menyampaikan bahwa pelatihan ini tidak hanya bertujuan untuk memperkuat keamanan dan ketertiban lingkungan, tetapi juga sebagai persiapan menjelang Pemilu 2024. Dengan pelatihan ini, diharapkan anggota Satlinmas dapat meningkatkan sinergitas dengan aparat keamanan dari tingkat kabupaten hingga ke wilayah terkecil seperti RT dan RW.

"Satlinmas dipersiapkan untuk menghadapi Pemilukada 2024 agar dapat berjalan aman dan tertib, serta meminimalisir gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas)," ungkapnya.

Selain pengamanan Pemilu, Hendra juga menekankan pentingnya peningkatan kemampuan dalam penanganan bencana dan kegiatan sosial, mengingat Satlinmas selalu berada di tengah masyarakat ketika dibutuhkan.

"Hal lain yang perlu ditingkatkan adalah penanganan bencana ataupun kegiatan sosial karena selama ini anggota Satlinmas selalu ada di tengah masyarakat," pungkas Hendra.

Pelatihan ini menjadi langkah strategis untuk memastikan bahwa Satlinmas Desa Tenjoayu dapat menjalankan perannya dengan baik, terutama dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan menjelang Pemilu 2024.



Editor : R.Cking.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Puluhan Satlinmas Desa Tenjoayu Dipersiapkan untuk Pengamanan Jelang Pilbup 2024

Trending Now

Iklan