TMMD ke 121 di Desa Cicareuh Sukabumi Sukses, Target Selesai 100 Persen

Redaksi
Kamis, 22 Agustus 2024 | 19:02 WIB Last Updated 2024-08-22T13:21:51Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Senyum bahagia terpancar dari ratusan warga Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, yang menyaksikan acara penutupan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 yang dilaksanakan Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, Kamis (22/8/2024).

Ratusan warga tersenyum bahagia karena mereka kini bisa menikmati jalan mulus setelah dibangun TNI AD melalui program TMMD. Diketahui, upacara penutupan kegiatan sendiri digelar di Lapang Sepak Bola Cicareuh.

Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Aminudin, menutup langsung kegiatan TMMD ke 121 di wilayah Kodim 0622/Kabupaten Sukabumi, tepat di Desa Cicareuh.

Saking bahaginya, mewakili warga, para pelajar menyambut kedatangan Brigjen TNI Aminudin.

Tarian tradisional pun dipersembahkan hingga pengalungan selendang oleh para pelajar.

Kebahagiaan adanya TMMD ini salah satunya terpancar dari raut muka Yeti, wanita berusia 61 tahun asal Kampung Cipetir, Desa Cicareuh, Kecamatan Cikidang.

Kebahagiaan Yeti bertambah karena ia kini bisa menghuni rumah layak, sebelumnya sekitar 40 tahun menghuni rumah bilik beralaskan tanah bersama anak-anaknya.

Yeti mengaku selama 40 tahun ia diterpa angin dan hujan saat menghuni rumah dari bilik. 

"Ya kalau boleh dikatakan nggk layak, kalau saya di tengah rumah kalau malam itu ada angin, hujan itu bocor, dulu alasnya lebatan biasa dan dinding bilik. Tinggal sama anak-anak, dulu ada dua kamar, sekarang ada dua kamar," ujar Yeti kepada Tribun, tersenyum bahagia.

Rumah Yeti kini terlihat lebih wah daripada kondisi sebelumnya. TNI AD melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 121 menyulap rumah gubuk Yeti menjadi rumah permanen yang dibangun dari tembok.

Pembangunan rumah layak untuk Yeti itu pun dikerjakan oleh anggota TNI AD bersama tim Satgas TMMD.

Tak hanya Yeti, Pengelola Paud Mekar Melati di Kampung Cipetir, Sopyan juga menangis bahagia, karena kini bangunan Paud yang dulu rusak dipakai belajar, kini berdiri kokoh berkat adanya TMMD.

"Ini awalnya tidak layak, udah nggk bisa dihuni lah udah bocor-bocor, sekarang ini bukan direhab lagi, tapi permanen dari awal, dibangun dari nol. Tahun sekarang ini 30 an, 30 anak Paud, dulu bangunan dari bambu, atapnya dari bambu juga, dibangun itu mulai 2010, sekarang baru dibangun (permanen) dengan tim TMMD itu," ucap Sopyan.

Sementara itu, Kasdam III/Siliwangi, Brigjen TNI Aminudin, mengatakan, seluruh target dalam TMMD, baik kegiatan pembangunan fisik maupun non fisik sudah selesai 100 persen. 

Menurutnya, dukungan masyarakat dan Pemda Kabupaten Sukabumi dalam membuat TMMD berjalan dengan lancar.

"Antusias masyarakat juga dengan stakeholder yang lain dibantu sehingga pelaksanaan kegiatan ini bisa mencapai 100 persen. Untuk TMMD yang pertama ada pembangunan jalan, sumur bor, kemudian program rumah tidak layak huni, pembangunan MCK, kemudian untuk program tambahan yang lain ada ketahanan pangan, serta penyuluhan - penyuluhan," kata Aminudin.*

Redaktur : Rizal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • TMMD ke 121 di Desa Cicareuh Sukabumi Sukses, Target Selesai 100 Persen

Trending Now

Iklan