Indonesia Tahan Imbang Australia 0-0 di Laga Ketat Kualifikasi Piala Dunia 2026

Redaksi
Selasa, 10 September 2024 | 23:52 WIB Last Updated 2024-09-10T16:57:44Z
Foto : istimewa

TERBIT.ID, Jakarta - Timnas Indonesia berhasil menahan imbang tanpa gol saat menjamu Australia dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026. Laga yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno pada Selasa (10/9/2024) malam WIB, diwarnai aksi pertahanan solid dari Garuda, yang membuat Socceroos gagal memecah kebuntuan.

Pertandingan berjalan dengan intensitas tinggi sejak awal. Tim asuhan Shin Tae-yong tampil berani dengan memberikan tekanan awal kepada Australia. Namun, seiring berjalannya waktu, Australia mulai mengambil kendali permainan. Meski beberapa kali tertekan, Indonesia tetap disiplin dalam bertahan dan memanfaatkan peluang lewat serangan balik.

Dengan tambahan satu poin ini, Indonesia tetap berada di peringkat keempat Grup C dengan dua poin dari dua laga. Sementara itu, Australia yang baru mengoleksi satu poin masih berada di posisi kelima grup.

Jalannya Pertandingan

Sejak peluit awal dibunyikan, Indonesia langsung menekan. Pada menit pertama, Sandy Walsh mengirimkan tembakan mendatar yang berhasil dihalau oleh kiper Australia, Mat Ryan. Bola liar yang jatuh ke kaki Rafael Struick hampir saja berbuah gol, tetapi lagi-lagi Ryan tampil gemilang dengan penyelamatan krusial.

Tekanan berlanjut dari Indonesia, terutama di sisi kiri lapangan melalui kombinasi antara Calvin Verdonk dan Nathan Tjoe-A-On. Namun, Australia dengan cepat mulai menyesuaikan diri dan memegang kendali permainan.

Pada menit ke-20, Australia menciptakan peluang berbahaya melalui sundulan Harry Souttar yang mengarah ke gawang, namun kiper Maarten Paes berhasil menggagalkannya. Paes kembali beraksi dua menit kemudian, menahan tembakan jarak dekat Souttar.

Ancaman terbesar bagi Indonesia datang pada menit ke-34 ketika sepakan keras Nestory Irankunda menghantam tiang gawang. Craig Goodwin juga nyaris menjebol gawang Indonesia, tetapi upayanya berhasil ditepis oleh Paes.

Indonesia kesulitan untuk keluar dari tekanan di babak pertama, tetapi berhasil mempertahankan skor 0-0 hingga turun minum.

Babak Kedua

Indonesia kembali mencoba menekan pada awal babak kedua. Pada menit ke-55, Ragnar Oratmangoen hampir saja mencuri gol setelah berhasil memotong umpan lawan, namun tembakannya diblok oleh Souttar.

Australia terus menekan, tetapi Paes tampil kokoh di bawah mistar. Salah satu peluang emas bagi Australia datang pada menit ke-68 ketika Adam Taggart mendapatkan sodoran dari Awer Mabil, namun tembakannya tepat mengarah ke Paes.

Indonesia mencoba melakukan serangan balik beberapa kali, tetapi keputusan akhir yang kurang tepat membuat peluang mereka terbuang sia-sia. Umpan lambung Pratama Arhan ke Ragnar Oratmangoen terlalu jauh, sementara Witan Sulaeman juga gagal mengontrol bola dengan sempurna di dalam kotak penalti.

Hingga peluit akhir dibunyikan, tidak ada gol yang tercipta, dan pertandingan berakhir dengan skor 0-0.

Susunan Pemain

Indonesia: Paes, Verdonk, Idzes, Ridho, Hubner, Tjoe-A-On, Jenner (Haye 70’), Walsh (Wahyu Prasetyo 87’), Marselino (Arhan 80’), Oratmangoen, Struick (Witan 46’).

Australia: Ryan, Circati, Behich (Rowles 86’), Souttar, Burgess, Irvine, Baccus, Goodwin (Nisbet 67’), Silvera, Duke (Taggart 67’), Irankunda (Mabil 59’).

Statistik pertandingan

IND                                              AUS
5              Tembakan                     19
2   Tembakan ke arah gawang    5
37%     Penguasaan bola           63%
278             Operan                     456
61%       Akurasi operan              79%
12             Pelanggaran                 7
1                Kartu kuning                3
0                Kartu merah                0
0                     Offside                    3
3             Tendangan sudut          15

Redaktur  : Nuryadin


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Indonesia Tahan Imbang Australia 0-0 di Laga Ketat Kualifikasi Piala Dunia 2026

Trending Now

Iklan