Janji Ahmad Syaikhu, Siapkan Pelatihan Digital untuk Pedagang Pasar Semi Modern Cicurug Sukabumi

Redaksi
Kamis, 26 September 2024 | 17:20 WIB Last Updated 2024-09-27T01:06:29Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Respons terhadap keluhan pedagang terkait penurunan omset akibat persaingan dengan pasar grosir dan maraknya penjualan online, Calon Gubernur Jawa Barat nomor urut 3, Ahmad Syaikhu, komitmen akan memberdayakan pedagang dengan program pelatihan digital. 

Hal ini diungkapkan saat mengunjungi Pasar Semi modern Cicurug, Kelurahan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (26/9/2024), pagi.

Dalam dialog dengan para pedagang, Syaikhu mencatat dua masalah utama yang dihadapi pedagang tradisional. "Banyak pedagang yang kesulitan bersaing dengan grosir, karena harga di grosir lebih murah. Selain itu, penjualan online juga membuat omset mereka turun drastis," ujar Syaikhu. Ia menambahkan bahwa beberapa pedagang hanya mampu mempertahankan 25 persen dari pendapatan sebelumnya.

Sebagai solusi, pasangan calon gubernur Ahmad Syaikhu-Ilham Habibie (ASIH) akan mengadakan program pelatihan bagi pedagang tradisional, terutama dalam hal pemasaran digital. 

"Kami akan memberikan edukasi serta peningkatan keterampilan agar mereka bisa memanfaatkan platform online untuk berjualan," jelasnya. 

Pihaknya percaya bahwa kemampuan berjualan secara daring akan membantu pedagang meningkatkan omset dan tetap kompetitif di era digital.

Tidak hanya itu, Syaikhu juga menekankan pentingnya infrastruktur ekonomi yang kuat, termasuk pasar tradisional yang menjadi urat nadi perekonomian rakyat. "Pasar dan infrastruktur jalan merupakan bagian penting dari ekonomi daerah. Kami akan memprioritaskan perbaikan dan pengembangan pasar agar dapat lebih mendukung aktivitas ekonomi rakyat," tegasnya.

Syaikhu mengingatkan bahwa komitmen untuk memajukan ekonomi rakyat bukanlah hal baru baginya. Bahkan, pada Pilgub Jabar 2018, ia sudah menyuarakan visi tersebut melalui sebuah lagu bertajuk 'Jawa Barat Maju'. 

"Lima tahun lalu, saya sudah mengekspresikan keinginan untuk melihat Jawa Barat lebih maju. Meski saat itu belum diberikan kemenangan, cita-cita itu tetap saya perjuangkan," ungkap Syaikhu.

Menjelang Pilgub Jabar 2024, Syaikhu berharap visi tersebut dapat terwujud dengan dukungan masyarakat. "Saya berharap pada pemilihan kali ini, Allah merestui perjuangan kami untuk mewujudkan Jawa Barat yang lebih baik," tutupnya.


Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Janji Ahmad Syaikhu, Siapkan Pelatihan Digital untuk Pedagang Pasar Semi Modern Cicurug Sukabumi

Trending Now

Iklan