Jelang Pilkada Serentak 2024, Panwascam Ciambar Gelar Bimtek Pengawasan Partisipatif untuk Pelajar SLTA

Redaksi
Sabtu, 21 September 2024 | 15:35 WIB Last Updated 2024-09-21T08:37:10Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Ciambar menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengawasan Partisipatif Masyarakat pada tahapan Pilkada Serentak 2024. Kegiatan yang diadakan di aula SMP PGRI Ciambar, Kampung Pasir Angin, Desa/Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, pada Sabtu (21/9/2024), di ikuti oleh puluhan pelajar tingkat SLTA yang telah memiliki hak pilih.

Para pelajar pemilih pemula yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kecamatan Ciambar mendapatkan edukasi seputar peran serta masyarakat dalam pengawasan pelaksanaan Pilkada oleh pemateri ketua APD Kabupaten Sukabumi Teguh Harianto. 

Ketua Panwascam Ciambar, Iyus Ruswandi, menjelaskan pentingnya pemahaman pelajar yang sudah berusia 17 tahun ke atas mengenai hak pilih mereka serta peran pengawasan dalam tahapan Pilkada.

“Adik-adik yang sudah berusia 17 tahun dan terdaftar di Daftar Pemilih Sementara (DPS) atau bahkan di Daftar Pemilih Tetap (DPT) sudah memiliki hak pilih. Kita mengundang pelajar agar mereka bisa melihat dan memperhatikan peran pengawas pemilu, karena mungkin mereka hanya mengenal petugas di TPS seperti KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara),” ujar Iyus.

Ia juga menjelaskan tentang struktur pengawasan pemilu di tingkat kecamatan hingga desa. “Panwaslu Kecamatan hanya ada tiga orang, sementara PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) ada lima orang, dan di desa ada PPS (Panitia Pemungutan Suara) beserta PKD (Panwaslu Desa). Adik-adik perlu tahu peran mereka,” tambahnya.

Iyus berharap pelajar yang mengikuti Bimtek ini dapat berperan aktif dalam mengawasi jalannya Pilkada yang akan berlangsung pada 27 November 2024. Selain itu, ia mengingatkan pentingnya memahami larangan-larangan terkait pemasangan alat peraga kampanye.

“Adik-adik pelajar harus tahu larangan-larangan seperti pemasangan stiker, banner, dan spanduk calon di fasilitas umum seperti sekolah, masjid, dan lingkungan pemerintahan,” jelasnya.

Melalui Bimtek ini, diharapkan para pelajar dapat lebih memahami sistem demokrasi yang berlaku dan turut serta menjaga integritas proses pemilu di lingkungan mereka.

"Pelaksanaan Bimtek ini menjadi bagian dari upaya Panwascam Ciambar dalam meningkatkan partisipasi masyarakat, terutama generasi muda, dalam pengawasan Pilkada Serentak 2024," pungkas iyus. 



Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jelang Pilkada Serentak 2024, Panwascam Ciambar Gelar Bimtek Pengawasan Partisipatif untuk Pelajar SLTA

Trending Now

Iklan