Pohon Tumbang Melintang ke Jalan, Arus Lalu Lintas Sukabumi Sempat Terhambat

Redaksi
Sabtu, 28 September 2024 | 20:40 WIB Last Updated 2024-09-28T13:42:06Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi pada Sabtu sore (28/9/2024) menyebabkan sebuah pohon besar tumbang di depan Armed 13 Kostrad Sukabumi, tepatnya di Kampung Kebon Jeruk, RT 3/10, Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar. Akibat kejadian ini, akses jalan nasional di lokasi tersebut sempat tertutup. 

Manajer Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sukabumi, Daeng Sutisna, mengungkapkan bahwa pohon tersebut tumbang akibat angin kencang yang menyertai hujan deras. "Pohon ini sudah tua dan lapuk di bagian bawah, sehingga tidak mampu menahan hembusan angin kencang," jelas Daeng.

Insiden ini menyebabkan kemacetan parah di sepanjang jalur nasional yang menghubungkan Cikembang dan Cibadak. Baik kendaraan roda dua maupun roda empat tidak bisa melintas selama beberapa jam karena batang pohon menutup sepenuhnya badan jalan.

Evakuasi pohon tumbang dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari BPBD Kabupaten Sukabumi, petugas dari Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dinas Pemadam Kebakaran, serta personel TNI dan Polri. Daeng menyebutkan, proses evakuasi memakan waktu lebih lama karena volume lalu lintas yang tinggi di kawasan tersebut.

"Lalu lintas sempat dialihkan sementara, dan kami berusaha secepat mungkin membersihkan batang pohon agar jalan bisa segera digunakan kembali," ujar Daeng.

Setelah dilakukan penanganan intensif, pohon berhasil dievakuasi, dan arus lalu lintas kembali normal pada pukul 17.20 WIB. "Kami bersyukur tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, dan jalan sudah bisa dilalui lagi seperti biasa," pungkas Daeng.


Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pohon Tumbang Melintang ke Jalan, Arus Lalu Lintas Sukabumi Sempat Terhambat

Trending Now

Iklan