SD Negeri 1 Cicurug Melaui Perjusa, Guna Membangun Karakter Siswa - Siswi

Redaksi
Jumat, 27 September 2024 | 22:51 WIB Last Updated 2024-09-27T15:53:38Z
TERBIT.ID, Sukabumi -  Gerakan Pramuka Gugusdepan 16.001/16.002
SDN 1 Cicurug melaksanakan kegiatan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa)  bertempat di aula sekolah SDN 1 Cicurug, Jalan raya Siliwangi No 406, Kelurahan/Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jumat (27/09/2024). 

Kepala Sekolah SDN 1 Cicurug sekaligus Majlis pembimbing Gudep 16.001/16.002, Ridwan Rustandi mengatakan, Perjusa adalah singkatan dari Perkemahan Jumat Sabtu, yaitu kegiatan perkemahan pramuka yang biasanya dilakukan di sekolah pada hari Jumat dan Sabtu. 

"Bahwa kegiatan Perjusa ini bertujuan untuk melatih kemandirian, mengembangkan keterampilan, dan mengajarkan nilai-nilai moral dan spiritual pada siswa - siswi sejak dini," ujarnya kepada terbit.id.

Lanjut Ridwan, sebanyak 60 orang siswa- siswi yang terbagi menjadi 12 kelompok yang terdiri 6 kelompok perempuan dan 6 kelompok laki- laki mengikuti pendidikan pengetahuan dan keterampilan mereka dalam berbagai bidang kepramukaan, sesuai dengan buku panduan Syarat Kecakapan Umum (SKU)dan Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

"Memang seharusnya pelaksanaan kegiatan Perjusa ini dilaksanakan di lapangan, namun karena keterbatasan tempat dan peralatan sehingga pelaksanaan nya dialihkan ke ruangan," Jelasnya. 

Menurutnya, bahwa ada kegiatan Perjusa yaitu Perkemahan Jumat Sabtu dan ada pula Persami yaitu Perkemahan Sabtu Minggu yang pelaksanaan kegiatannya diadakan satu tahun dua kali. Pada dasarnya bahwa kegiatan Perjusa ini yaitu untuk melaksanakan Dasa Darma Pramuka. 

"Jangan mengaku Pramuka kalau tidak memahami dan melaksanakan isi dari Dasa Darma Pramuka, karena itu sebagai dasar pedoman dalam pembentukan karakter, Intinya kurikulum dalam Pramuka itu isinya dari dulu tidak pernah berubah," pungkasnya.


Redaktur : U Suherman
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SD Negeri 1 Cicurug Melaui Perjusa, Guna Membangun Karakter Siswa - Siswi

Trending Now

Iklan