Siap Hadapi Bencana, Satlinmas Desa Parungkuda Dilatih Teknik Pemadaman

Redaksi
Jumat, 27 September 2024 | 15:52 WIB Last Updated 2024-09-27T08:59:34Z


TERBIT.ID, Sukabumi - Dalam upaya meningkatkan kesiapsiagaan terhadap potensi bencana, belasan anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) Desa Parungkuda mendapatkan pelatihan teknik pemadaman api. Pelatihan yang diberikan oleh petugas Pos Damkar Parungkuda ini diadakan, pada Jumat (27/9/2024).

Sekretaris Desa Parungkuda, Ony Sudradjat, yang mewakili Kepala Desa Didih Jaenudin, menjelaskan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan membekali Satlinmas dan perwakilan lembaga-lembaga desa dengan pengetahuan dan keterampilan dasar dalam menghadapi potensi bencana, khususnya kebakaran.

Dalam pelatihan bimbingan teknis di Aula Desa Parungkuda, Kecamatan Parungkuda, Kabupaten Sukabumi. tak hanya anggota Satlinmas yang dilibatkan, namun juga kader posyandu, RT, RW, Karang Taruna, LPM, BPD, dan MUI.


"Hari ini, kami mengadakan bimbingan teknis bagi anggota Satlinmas serta perwakilan lembaga desa. Ini penting untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana di Desa Parungkuda," ujar Ony kepada terbit.id.

Ia menambahkan bahwa pelatihan ini tidak hanya melibatkan teori, namun juga praktek langsung di lapangan. "Materi yang diberikan meliputi penanganan awal kebakaran, termasuk cara memadamkan api menggunakan alat tradisional. Siang nanti, akan ada praktek langsung di halaman Damkar," lanjut Ony

Dari total 23 anggota Satlinmas, hanya 18 orang yang bisa hadir karena beberapa di antaranya harus bekerja. Meski demikian, Ony berharap pelatihan ini mampu meningkatkan kemampuan para peserta dalam menghadapi situasi darurat di tengah masyarakat.

"Ini adalah bagian dari pemberdayaan kelembagaan desa untuk meningkatkan kualitas dan kesiapsiagaan menghadapi potensi bencana. Saya berharap Satlinmas dan seluruh peserta dapat terus siap sedia di lingkungannya masing-masing," ungkapnya.

Lebih lanjut, Ony juga menyampaikan pesan kepada para peserta untuk tetap bersemangat meskipun pemerintah desa belum bisa memberikan insentif yang maksimal.

"Ini adalah wujud kerelaan sebagai relawan. Semoga dengan segala keterbatasan, kita tetap diberi kemudahan dan kelancaran dalam menjalankan tugas, khususnya bagi anggota Satlinmas," tutupnya.

Pelatihan ini diharapkan menjadi langkah awal dalam membentuk masyarakat Desa Parungkuda yang lebih tanggap dan siap menghadapi segala bentuk ancaman bencana di masa mendatang.

Editor : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Siap Hadapi Bencana, Satlinmas Desa Parungkuda Dilatih Teknik Pemadaman

Trending Now

Iklan