Bupati Marwan Hamami Resmikan Pasar Terminal Cibadak Sukabumi

Redaksi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 15:59 WIB Last Updated 2024-10-12T09:14:02Z

TERBIT.ID, Sukabumi - Bupati Sukabumi, Marwan Hamami meresmikan Pasar Semi Modern Terminal Cibadak, Jumat, 11 Oktober 2024. Peresmian pasar yang dibangun bersama PT. Bangun Jaya Allia ini, ditandai dengan penandatangan prasasti dan pengguntingan pita. 

Berdasarkan data yang dihimpun, pasar tersebut dibangun di atas lahan sekitar 7000 meter persegi. Di mana terbangun 66 ruko, 147 kios, dan 172 lapak. 

Marwan dalam kesempatan itu, mengaku bersyukur bisa hadir dan meresmikan Pasar Semi Modern Terminal Cibadak. Apalagi, pasar merupakan pusat perekonomian masyarakat yang diyakininya akan berdampak besar bagi daerah. 

"Saya yakin di sini akan berkembang pesat. Apalagi, perputaran uang di Kecamatan Cibadak ini sangatlah tinggi," ujarnya.

Tak hanya itu saja, dirinya pun berterima kasih kepada PT. Bangun Jaya Allia yang telah membantu Pemkab Sukabumi. Terutama dari sisi melengkapi sarana perekonomian. 

"Kami pun bergembira di pasar ini ada terobosan untuk UMKM berjualan. Sehingga, pasar ini tetap ramai," ucapnya.

Berkaitan pembangunan pasar ini, H. Marwan mengajak semuanya untuk menjaganya. Termasuk menjaga kebersihan pasar. 

"Tolong jaga tempat ini. Keberadaan pasar ini semoga bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi. Selain kolaborasi dengan pihak ketiga dapat berjalan dengan baik," ungkapnya.

Komisaris PT Bangun Jaya Allia H. Mariono mengatakan, peresmian ini merupakan momen yang ditunggu. Apalagi setelah sekian tahun pelaksanaan pembangunan pasar ini. 

"Pasar ini bisa terselesaikan. Bapak/ibu bisa menikmati hasilnya sekarang," bebernya. 

Berkaitan UMKM sendiri, menurutnya untuk memaksimalkan penggunaan pasar. Mengingat, aktivitas para pedagang hanya sampai siang hari. 

"Kami memiliki kreasi mrnghidupkan suasana setelah sebagian ruko tutup letika siang. Salah satunya berkolaborasi dengan UMKM. Sekarang sudah ada sekitar 40 UMKM yang bekerjasama," pungkasnya

Kegiatan diakhiri dengan berbagai penyerahan, santunan hingga live musik.

Namun, acara live musik setelah peresmian Pasar Terminal Cibadak, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dihentikan oleh polisi.

Perusahaan pengembang Pasar Terminal Cibadak memprotes penghentian live musik tersebut.

Dirut PT Bangun Jaya Allia, Alay Hok Melhan. Ia mengatakan, pihaknya merasa kecewa dengan sikap Kapolsek Cibadak, AKP I Djubaedi. Karena, saat peresmian berlangsung, telah membubarkan acara hiburan tersebut.

"Jadi di saat Pak Bupati pulang usai meresmikan. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan acara hiburan untuk menghibur masyarakat. Tapi dibubarkan dengan alasan tidak ada izin, padahal kita sudah mengirimkan surat pemberitahuan secara resmi ke Polsek Cibadak, supaya acara ini berlangsung dengan maksimal," ujarnya.

Alay Hok berharap hal itu tidak terjadi kembali, karena menurutnya Bupati Sukabumi sangat mendukung adanya event yang bisa membangkitkan UMKM dan menghidupkan pasar.

"Iya, Pak Bupati sendiri sudah menginstruksikan harus ada live musik yang melibatkan pengamen jalanan agar lebih terarah. Ini malah dibubarkan, padahal kami sudah bersurat secara resmi ke Mapolsek Cibadak," tuturnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kapolsek Cibadak, AKP I Djubaedi, mengatakan, acara live musik tadi sore tidak ada dalam susunan acara peresmian Pasar Terminal Cibadak.

Djubaedi mengaku, pihaknya juga menghentikan live musik itu secara humanis dengan memberikan imbauan.

"Ya memang tadi itu memang saya berhentikan karena memang di dalam rundownnya juga tidak ada, yang kedua acaranya sudah selesai. Itu mah hanya nambah-nambah saja, sehingga kami selaraskan dengan kegiatan-kegiatan yang sebelumnya, seperti itu," ucap Djubaedi.**



Redaktur: Rizal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bupati Marwan Hamami Resmikan Pasar Terminal Cibadak Sukabumi

Trending Now

Iklan