Cegah Pedagang ke Rentenir, Baznas Hadirkan UPZ di Pasar Cibadak Sukabumi

Redaksi
Sabtu, 12 Oktober 2024 | 12:54 WIB Last Updated 2024-10-12T09:14:44Z

TERBIT.ID, Sukabumi - Dalam upaya meminimalisir dan mencegah pedagang terlilit hutang ke rentenir, Baznas Kabupaten Sukabumi, menghadirkan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di Pasar Semi Modern Terminal Cibadak, Kecamatan Cibadak.

Waka Bidang IV Administrasi Umum dan Pengembangan SDM Baznas Kabupaten Sukabumi, Taufiq Dida, mengatakan, UPZ diharapkan memberikan sarana ubadak bagi masyarakat di pasar, khususnya untuk pedagang.

"Sehingga dari tumbuhnya UPZ ini ada keberkahan hidup, ada keberuntungan hidup yang bisa diperoleh oleh masyarakat masyarakat pedagang di pasar semi modern Terminal Cibadak ini, nah UPZ ini juga diharapkan bisa berkontribusi langsung kepada masyarakat khususnya masyarakat miskin yang ada di sekitar pasar Cibadak," ujarnya.

Taufiq menjelaskan, soal pencegahan rentenir, UPZ diharapkan menjadi solusi bagi para pedagang di Pasar Semi Modern Terminal Cibadak.

"Sehingga dapat menjalankan aktivitas perdagangannya sesuai dengan syariat islam tanpa harus bergantung kepada rentenir-rentenir, atau para peminjam uang yang memberikan pinjaman uang secara berlebihan, itu barangkali yang kita harapkan," ucap Taufiq.

Taufiq menguraikan, UPZ ini merupakan cara pengumpulan zakat, infaq dan sodaqoh bagi para pedagang, penyalurannya pun disesuaikan dengan syariat islam dengan kriteria penerima uang dari UPZ ini juga sesuai dengan aturan syariat islam.

Masyarakat yang dibantu melalui UPZ pun nantinya diharapkan bisa berkembang secara mandiri, khususnya dari segi perekonomian.

"Maka konsepnya adalah tetap merujuk kepada konsep islam, yakni memberikan dan membangun kesadaran masyarakat untuk dapat menyisihkan sebagian rezekinya, dan kemudian ini secara sukarela kita harapkan nantinya dapat berdampak kepada masyarakat lain di sekitar pasar ini, konsepnya adalah konsep pengelolaan zakat infak sedekah," kata Taufiq.**


Redaktur: Rizal
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Cegah Pedagang ke Rentenir, Baznas Hadirkan UPZ di Pasar Cibadak Sukabumi

Trending Now

Iklan