Longsor Akibatkan Sungai Cipanengah Tertutup, Lahan Pertanian dan Kolam Ikan Terancam

Redaksi
Sabtu, 05 Oktober 2024 | 20:26 WIB Last Updated 2024-10-05T13:28:10Z
TERBIT.ID, Sukabumi - Hujan deras yang mengguyur wilayah Sukabumi memicu tanah longsor di Kampung Nagela, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (5/10/2024). Longsoran tanah menutup aliran Sungai Cipanengah dan mengancam lahan pertanian serta kolam ikan di wilayah sekitar.

Hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan longsor di Kampung Nagela, RT 12/04, Desa Cipanengah, Kecamatan Bojonggenteng, Kabupaten Sukabumi, pada Sabtu (5/10/2024) sore. Longsor ini menutup sebagian aliran Sungai Cipanengah dan berpotensi menimbulkan kerusakan lebih lanjut di area sekitarnya.

Plt. Camat Bojonggenteng, Heri, mengungkapkan bahwa longsor terjadi di lahan milik seorang warga bernama Asep yang beralamat di Cigombong, Bogor. “Hujan deras menyebabkan longsor sepanjang 15 meter dan setinggi 40 meter, sehingga menutup sebagian aliran Sungai Cipanengah,” ujar Heri saat dihubungi, Sabtu malam.

Dampak dari longsor ini tidak hanya dirasakan di Desa Cipanengah. Lahan pertanian di Kampung Babakan, Assalafiah, RT 4/4, Desa Pondokaso Tengah, Kecamatan Cidahu, juga ikut terancam. Menurut Heri, sekitar 1 hektare lahan pertanian di wilayah tersebut berpotensi gagal panen akibat longsor yang merusak saluran irigasi.

“Selain lahan pertanian, satu kolam ikan milik warga seluas 200 meter persegi juga terancam. Beberapa pohon besar seperti kelapa dan durian jatuh akibat longsor dan menghantam bibir kolam, yang kemungkinan besar dapat memicu kerusakan lebih parah,” tambah Heri.

Dalam rangka menanggulangi dampak longsor, pihak kecamatan bersama dengan berbagai unsur terkait seperti Kasi Trantib, Babinsa, Babinmas, perangkat desa, P2BK, TKSK, penyuluh pertanian, serta masyarakat setempat telah melakukan upaya penanganan awal. Mereka bergotong royong membersihkan material longsor yang menutupi aliran sungai.

“Kami sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak dan melaksanakan kerja bakti hingga pukul 18.00 WIB. Namun, untuk sementara kegiatan dihentikan karena dikhawatirkan ada longsor susulan. Rencananya, pekerjaan akan dilanjutkan esok hari,” pungkas Heri.


Editor : R.Cking
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Longsor Akibatkan Sungai Cipanengah Tertutup, Lahan Pertanian dan Kolam Ikan Terancam

Trending Now

Iklan