M. Mamin Aripin, S.H : Santri Modern, Pilar Kebangkitan Bangsa dan Spirit Keagamaan

Redaksi
Selasa, 22 Oktober 2024 | 16:14 WIB Last Updated 2024-10-22T09:15:32Z


TERBIT.ID, Sukabumi - Bangsa Indonesia memperingati Hari Santri Nasional setiap tanggal 22 Oktober. Tahun ini, Hari Santri Nasional memasuki peringatan yang ke-10 tahun.

Sekretaris Komite MAN 1 Sukabumi, M. Mamin Aripin, S.H., menyampaikan ucapan Selamat Hari Santri Nasional (HSN) 2024. Dalam momen penuh makna ini, ia menekankan pentingnya santri sebagai generasi penerus bangsa yang berperan aktif dalam menjaga nilai-nilai agama dan kebangsaan.

Dalam pesannya, ia menekankan bahwa santri memiliki peran strategis sebagai generasi penerus bangsa yang harus terus aktif dalam menjaga serta memperkuat nilai-nilai agama dan kebangsaan.

"Santri adalah generasi penerus yang memiliki tanggung jawab besar, bukan hanya dalam hal keilmuan agama tetapi juga harus siap menghadapi tantangan zaman. Mereka adalah garda terdepan dalam menjaga persatuan dan keharmonisan bangsa," ujar Mamin , kepada terbit.id Selasa (22/10/2024).

Lebih lanjut Mamin menurutnya bahwa santri adalah manusia yang selalu berbuat dan bertindak sesuai dengan 5 huruf S.N.T.R.I YAKNI :
SIN : Saalikun Ilal Akhiroti artinya manusia selalu menuju kehidupan Akherat
NUN : Naaibun 'anil Masyayikh : Generasi penerus/pengganti para guru
TA : Taarikun 'anil ma'ashi : manusia yang selalu menghindari perbuatan maksiat
RO : Roghibun fil khirooti : manusia yang gemar berbuat kebaikan
YA : Yarjussalaamah Fiddini, Waddunya wal akhirah. Yaitu manusia yang selalu berharap keselamatan dalam agama, dunia dan akherat. Maka setelah itu Santri berasal dari Bahasa Inggris :
SUN : Matahari
THREE: TIGA, jadi santri itu adalah manusia yang berpegang teguh kepada 3 Matahari yaitu : IMAN, ISLAM DAN IHSAN.

"Hari Santri bukan hanya sekadar perayaan, tetapi juga sebagai momentum untuk kembali mengingat perjuangan para santri dalam memperjuangkan kemerdekaan dan membangun negeri. Santri hari ini harus siap menjadi pemimpin masa depan yang tidak hanya menguasai ilmu agama, tetapi juga teknologi dan ilmu pengetahuan," tambahnya.

Selain itu, Mamin  juga mengajak seluruh santri untuk memperkuat rasa cinta tanah air serta meningkatkan kepedulian terhadap sesama, sejalan dengan nilai-nilai ajaran Islam yang menekankan kedamaian dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia.

Mamin berharap agar momentum Hari Santri Nasional ini dapat dijadikan sebagai pengingat bagi seluruh santri untuk terus belajar dan mengembangkan diri, baik dalam ilmu agama maupun dalam hal-hal yang menunjang kemajuan bangsa.

Sebagai penutup, ia menyampaikan harapan agar santri Indonesia terus berperan aktif dalam membangun bangsa yang lebih baik, serta mampu menjadi teladan dalam menjalankan nilai-nilai agama dan nasionalisme.

Editor : R.Cking.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • M. Mamin Aripin, S.H : Santri Modern, Pilar Kebangkitan Bangsa dan Spirit Keagamaan

Trending Now

Iklan